Home Bisnis Otomotif Menilik Peluang Besar Usaha Bengkel Motor

Menilik Peluang Besar Usaha Bengkel Motor

2412
0
SHARE
Menilik Peluang Besar Usaha Bengkel Motor
usaha bengkel motor umum

Tahu kah Anda, peluang usaha bengkel motor semakin menarik seiring dengan bertambahnya jumlah permintaan sepeda motor ?? Bahkan, hampir semua orang saat ini memiliki dan memerlukan sepeda motor.

Kepadatan akitifitas kendaraan dijalan memerlukan kenyamanan, oleh kerenanya kendaraan harus selalu pada kondisi yang baik. Agar kendaraan selalu dalam kondisi baik diperlukan service rutin dan perawatan serta perbaikan-perbaikan apabila ada yang rusak.

Kondisi inilah yang bisa Anda jadikan peluang usaha bengkel motor. Kebutuhan servis untuk sepeda motor akan menjadi kebutuhan rutin. Sehingga tidak mengherankan apa bila usaha bengkel motor tumbuh sangat banyak hingga ke daerah-daerah pelosok.

Ada dua jenis usaha bengkel motor :

  1. Modal Usaha Bengkel Motor Umum
    Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha bengkel umum lebih kecil apa bila di bandingkan dengan usaha bengkel kemitraan. Usaha bengkel umum yang sederhana membutuhkan modal paling tidak +/- Rp 20 juta, dengan rincian Rp 5 juta di pergunakan untuk membeli peralatan bengkel dan kompresor. Sisanya untuk aksesoris motor yang bersifat fast-moving sparepart dan stock sparepart.

    Menilik Peluang Besar Usaha Bengkel Motor
    usaha bengkel umum
  2. Modal Usaha Bengkel Motor kemitraan
    Bengkel kemitraan adalah bengkel-bengkel yang manjalin kerjasama dengan produsen-produsen motor seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain-lainya. Modal usaha bengkel kemitraan lebih besar dari bengkel umum. Modal yang dibutuhkan berkisar antara 80-100 jt. Usaha bengkel motor dengan sistem kemitraan ini memang lebih cocok bagi pemilik modal besar.

    Menilik Peluang Besar Usaha Bengkel Motor
    usaha bengkel kemitraan

Pemasaran.

Agar menarik konsumen mau datang ke bengkel Anda bisa dilakukan melalui pembagian pamphlet dan brosur serta beriklan dimedia-media cetak mau pun online. Bila bengkel Anda sepi kemungkinan Anda salah dalam menentukan tempat usaha. Pastikan tempat usaha bengkel motor Anda berada pada jalan protokol dan jalan utama atau didaerah yang padat penduduk.

Apa bila bengkel Anda juga melayani modifikasi sebaiknya Anda mendekati komunitas-komunitas modifikasi motor yang ada di kota tempat Anda berada. Berikan diskon yang menarik untuk komunitas-komunitas modifikasi tersebut dan pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik serta pola kejujuran bagi konsumen yang datang ke bengkel Anda. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap bengkel Anda.

Keuntungan

Dari 2 ( dua ) jenis usaha bengkel motor diatas, keuntungan terbesar adalah dari modifikasi, contohnya modifikasi body motor bebek menjadi motor trail dengan menggunakan bahan fiber, Anda bisa memberikan harga Rp 1,5 – 2,5 jt, padahal biaya pengerjaanya hanya berkisar Rp 500-800 ribu.

Persaingan

Persaingan sangat ketat terutama untuk bengkel umum. Sehingga Wajib bagi pelaku usaha bengkel motor umum untuk menjaga kepercayaan, kualitas, loyalitas serta kedekatan dengan konsumen. Sedangkan persainagan usaha bengkel motor kemitraan tidak seketat persaingan usaha bengkel motor umum, Hal ini di sebabkan tidak terjadi Benturan Pasar kerana masing-masing bengkel memiliki pelanggan dan pasar sendiri.

Kendala

Mendapatkan tenaga mekanik yang memiliki kemampuan handal adalah kendala tersendiri bagi pelaku usaha bengkel motor. Selain pelayanan dan kejujuran, tenaga mekanik yang handal juga sangat menentukan sukses tidaknya usaha bengkel motor Anda.

Baca juga : Peluang usaha cuci motor, modal 8 juta untung 5 juta perbulan

Banyak bengkel motor yang mencari tenaga mekanik dari lulusan-lulusan sekolah-sekolah kejuruan otomotif. Atau melakukan pengkaderan dengan menyekolahkan karyawan-karyawanya ke kursus-kursus bengkel sepeda motor.

Bagai mana, Anda tertarik menjalankan usaha bengkel motor ini ?? Bagi pemula kami sarankan untuk untuk memulai dengan bengkel umum servis mesin terlebih dahulu, kemudian selanjutnya secara berlahan dikembangkan menjadi bengkel kemitraan dengan produsen-produsen motor besar seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain-lainya

Ada yang mau ditanyakan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here