Home Modifikasi Mobil Ini Dia Cara Modifikasi Velg Mobil Yang Paling Aman

Ini Dia Cara Modifikasi Velg Mobil Yang Paling Aman

3453
0
SHARE

Modifikasi velg mobil dengan diameter besar serta balutan dinding ban yang sangat tipis memang keren dan menjadi tren di mana-mana. Modifikasi rasanya belum komplit kalau velgnya belum diganti. Semakin tipis bannya dan semakin besar velgnya, maka semakin tinggi gengsinya, bener gak?

Tren ini awalnya dimulai dari event balap mobil yang dengan sangat cepat menular ke ruang-ruang modifikasi. Di sirkuit balap, velg besar dengan balutan dinding ban yang tipis dan tapak yang lebar memang sangat disenangi karena mobil menjadi semakin lincah dan lebih responsif di tikungan. Selain itu velg besar juga membuat tampilan mobil balap menjadi lebih jantan dan sportif.

Mengganti velg asli bawaan pabrik (original equipment / OE ) dengan velg yang memiliki ukuran diameter lebih besar biasa disebut dengan plus-sizing. Didalam khasanah istilah tersebut lalu dikenal dengan sebutan plus-one, yang artinya menambah ukuran diameter velg satu inch dari OE. Contohnya dari dari velg 15 inch menjadi velg 16 inch. Sama halnya dengan plus-two, atau menambah dua inch, dari velg 15 inch menjadi velg 17 inch, dan demikian seterusnya.

Perlu Anda ketahui bahwa hasil tes uji Consumer Report dari lembaga perlindungan konsumen di Amerika, modifikasi velg mobil plus-one telah terbukti dapat meningkatkan sisi peforma mobil. Sedangkan Plus-two dan juga seterusnya hanya dapat memberikan penambahan daya cengkram dan sementara traksi, hydroplaning resistance serta kenyamanan mengemudi menurun.

Selain itu Rupiah yang harus Anda keluarkan juga semakin banyak. So, semakin besar ukuran velg tidak selalu baik untuk mobil Anda. Plus-sizing juga sangat tidak direkomendasikan untuk mobil-mobil jenis SUV terkecuali memang asli dari pabriknya.

Oleh karenanya, kalau Anda sudah merasakan kenyamanan yang cukup saat berkendara, lembaga tersebut menyarankan agar Anda meninggalkan plus-sizing dan setia saja dengan OE.

Kalau tidak, bersiaplah dengan resikonya. Ban dengan dinding yang tipis dan velg yang besar memang sangat responsive apa bila dikendarai pada jalan yang mulus. Sebaliknya di jalan yang kasar dan berlobang, ban tidak akan mampu meredam dengan baik dan mobil jadi terasa tidak nyaman. Apalagi Anda tahu bagai mana kondisi jalanan yang ada di negara kita, jadi paling bijak plus-sizingnya jangan terlalu beda jauh dari ukuran ban OE.

Lebih parahnya lagi plus sizing yang berlebihan (plus two dan plus three keatas) juga dapat mengancam keselamatan velg. Pengujian dari Consumer Report pada pergantian velg plus two dan plus-three hanya berakhir dengan kerusakan velg dan ban.

Gimana, sudah paham kan? kalau sudah mari kita lanjutkan. Lalu bagai mana cara modifikasi velg mobil yang aman itu? bukankah mengganti velg juga tidak bisa sembarangan sekalipun sudah plus one?   

Nah jadi begini, pada saat Anda datang ke toko modifikasi velg mobil, mereka biasanya akan menawarkan ukuran velg dan ukuran ban yang sesuai berdasarkan diameter ban OE. Menurut Consumer Report, penambahan ukuran diameter velg direkomendasikan maksimal hanya 1 inch dan dipadukan dengan tebal ukuran dinding ban yang diturunkan antara 5-10 % saja serta penambahan velg bertapak lebar yang tidak lebih dari 10 milimeter.

Pastikan juga load rating dan speed rating ban harus melebihi tinggi ban OE. Perlu Anda ketahui, plus sizing akan selalu merubah ukuran overal diameter ban. Sangat sulit kalau dibuat sama persis dengan ukuran standar OE. Dan hal ini akan banyak memberikan pengaruh termasuk speedometer mobil Anda.

Selanjutnya periksa velg mobil yang mau Anda beli. Kebanyakan velg terbuat dari bahan aluminium atau perpaduan antara baja dan aluminium. Prinsipnya Velg tempa (forged wheel) adalah velg yang termahal dan paling kuat. 

Kemudian periksa pola bautnya, pas atau tidak dengan mobil Anda. Kalau tidak pas, maka lebih baik pilih velg yang lainya. Penjual velg mungkin akan memberikan solusi dengan adaptor velg mobil yang dapat membuat lobang-lobang tersebut menjadi sesuai dengan mobil Anda.

Tapi hati-hati, karena ini hanya solusi sesaat, adaptor dapat menambah tegangan pada baut yang bisa membuat longgar ketika mobil Anda kendarai. Pastikan juga offset ban seusai dengan spesifikasi mobil Anda. Lihat juga tapak ban apakah menggerus liang ban atau tidak. 

Setelah Anda mendapatkan Velg dan ban yang sesuai, langkah yang terahkir adalah memilih bengkel modifikasi velg mobil yang berpengalaman dengan plus-sizing. Ini penting, karena memilih bengkel velg yang tidak berkompeten akan beresiko merusak velg dan ban mobil.

Selain itu bengkel modifikasi velg mobil yang Anda pilh harus dilengkapi dengan wheel aligned agar terhindar dari ban aus lebih awal. Demikian juga kemampuan adaptasi sistem suspensi yang dapat menyesuaikan dengan kaki-kaki mobil yang baru, serta pastikan Anda mendapat garansi bila ada yang tidak sesuai atau ada kerusakan semisal ban mobil menggerus liang ban atau speedometer mobil Anda jadi ngaco.

Nah, demikianlah tips dan trik modifikasi velg mobil yang dapat saya berikan untuk Anda semua. Semoga memberi manfaat. Sampai bertemu diartikel-artikel selanjutnya.

Salam KlinikOtomotif.com

sumber gambar modifikasi velg mobil : astamuse.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here