3 Langkah Mudah Cara Merawat Mesin Mobil Anda

3 Langkah Mudah Cara Merawat Mesin Mobil Anda

2355
0

Hallo teman-teman semua, sebelum masuk pada topik utama pembahasan kita, perlu Anda semua ketahui bahwa artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel cara merawat mesin mobil yang pertama, dimana dalam artikel kali ini, saya akan memberikan cara – cara merawat mesin mobil yang lebih spesifik dan dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Baik lah teman-teman, langsung saja ya, tidak hanya mobil tua yang telah berusia lanjut saja yang butuh perawatan, tapi mobil barupun sangat membutuhkan perawatan dengan berkala secara benar dan baik. 

Lalu bagai mana cara merawat mesin mobil yang benar dan baik itu? Berikut adalah 3 tips merawat mesin mobil, 3 tips ini berlaku untuk jenis mobil transmisi manual atau mobil dengan transmisi matic (automatic):

1. Pemakaian bahan bakar

Cara merawat mobil yang pertama adalah memastikan bahan bakar yang Anda gunakan adalah bahan bakar dengan kualitas yang baik. Anda tahu sekarang banyak bahan bakar kendaraan yang sudah di oplos dengan campuran minyak tanah, oleh karenanya disarankan untuk selalu mengisi bahan bakar di tempat pengisian yang terpercaya.

2. Filter udara dan bensin

Cara merawat mesin mobil yang kedua adalah memperhatikan filter udara dan bensin. Suplai bahan bakar yang tersendat dapat diakibatkan oleh filter bensin yang mampet akibat kotoran.

Walaupun usia pemakaian filter bensin dengan mesin injeksi lebih tahan lama dari pada sistem karburator, apa bila sudah kotor maka wajib dibersihkan dan diganti.

Pembersihan filter sebaiknya setiap 20.000 km dan diganti setiap 40.000 km. Sebagai catatan kondisi tangki bahan bakar yang jarang diisi penuh sangat mempercepat kotoran yang menyumbat saringan.

Proses pembersihannya diawali dengan melepas filter dari dudukannya. Untuk mobil keluaran Jepang filter bahan bakar terpasang di dekat firewall. Kemudian lepas saluran bensin keluar dan masuk terlebih dulu sebelum Anda melepasnya dari dudukannya.

Selanjutnya tiup dari arah bensin mobil Anda masuk (umumnya tertera di bodi filter saluran masuk dan keluar bensin) sampai kotoran dan sisa bensin keluar semua. Terus Ulangi beberapa kali dengan menggunakan bensin sambil dikocok-kocok sampai dengan bensin yang keluar bersih.

3. Gunakan radiator coolant

Cara merawat mesin mobil yang terahkir adalah memperhatikan cairan radiator yang Anda gunakan. Hal yang masih sangat banyak tidak diketahui oleh banyak pemilik mobil adalah mengisi radiator menggunakan air biasa dan tidak mengunakan radiator coolant. Padahal, air biasa bisa memberikan efek yang buruk pada kendaraan apabila digunkan untuk mengisi radiator.

Baca juga: AC Mobil Anda Panas? Perhatikan Penjelasan ini

Penggunaan air bersih biasa akan sangat mempermudah terjadinya karat pada saluran air. Terkecuali didalam kondisi darurat, Anda bisa menggunakan air biasa tapi setelah kondisi kembali normal segera kuras air radiator Anda dan isi kembali menggunakan radiator coolant.

Sifat dari air murni akan mendidih pada saat suhu telah mencapai 100 derajat celcius. Dan nantinya pada saat air sudah mendidih maka akan menguap. Oleh karena mudah menguap, maka air murni akan sangat cepat habis, bahkan pendinginan menggunakan air murni akan sangat tidak maksimal dan akan membuat mesin Anda cepat panas.

Bukan hanya itu saja, air tidak mempunyai bahan untuk anti karat sehingga air dapat menyebabkan karat di dalam radiator apalagi kalau airnya tidak bersih, sudah pasti akan meninggalkan endapan di dalam ruang radiator yang bisa berujung penyumbatan pada laju air pada saat berputar.

Artikel terkait: Ini dia 6 penyebab mesin mobil cepat panas

Nah demikian lah 3 langkah mudah cara merawat mesin mobil, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Sampai ketemu diartikel-artikel lainya. 

Salam KliniOtomotif.com

sumber gambar cara merawat mesin mobil : tips.co  


3 Langkah Mudah Cara Merawat Mesin Mobil Anda

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan pesan

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

3 Langkah Mudah Cara Merawat Mesin Mobil Anda