Home Tips dan Trik Ini Dia 4 Tips Cara Membeli Mobil Yang Wajib Anda Tahu

Ini Dia 4 Tips Cara Membeli Mobil Yang Wajib Anda Tahu

2110
0
SHARE

Hallo semuanya, apa kabar? semoga dalam keadaan baik ya, amin 3x. Ngomong-ngomong pada mau beli mobil ya? wah asik nih, boleh dong saya nebeng, hehehehe. Lho, kok tahu kalau kita-kita mau beli mobil bro? ya tahu lah, jelas-jelas judul artikel ini ” cara membeli mobil ” kalau Anda membaca artikel ini itu tandanya kemungkinan besar Anda mau beli mobil, bener gak? hehehehehe.

Ini Dia 4 Tips Cara Membeli Mobil Yang Wajib Anda Tahu
– Fetured Image Cara Membeli Mobil –

O iya, saya hampir lupa, artikel saya ini membahas cara membeli mobil baru, buat Anda yang ingin membeli mobil bekas, Anda dapat membacanya pada artikel saya lainya yang berjudul “6 Tips Ampuh Cara Membeli Mobil Bekas” 

Oke! kita kembali ke topik utama lagi ya. By the way emang Anda semua pada mau beli mobil apa sih? Apakah Anda mau beli mobil jenis Sedan, City Car atau model SUV? Ya, apapun mobil yang ingin Anda beli saya meyakini membeli mobil adalah momen yang sangat penting. Mobil merupakan salah satu aset penting didalam keluarga selain rumah, bener gak?

Tapi sayangnya masih sangat banyak sekali orang yang tidak tahu cara membeli mobil yang benar sehingga secara tidak sadar melakukan kesalahan pada saat membeli mobil. Kesalahan-kesalahan ini biasanya dikarenakan ketidaktahuan Anda pada produk mobil yang mau Anda beli atau karena kenakalan dari para penjual-penjual mobil. Singkat ceritanya, Anda kena tipu.

Nah, kebanyang dong, udah beli mobil mahal-mahal tapi ternyata tidak sesuai dengan yang Anda banyangkan dan inginkan. Rasanya bener-bener nyesek.  

Deputi bagian Editor Online Consumer Report, Jeff Bartlett, bahkan pernah mengatakan hampir disemua dealer memandang konsumen seperti pundi-pundi uang yang wajib dikuras sampai habis. “Calon pembeli seharusnya sadar akan posisi mereka,” katanya.  

Nah tu, rese banget kan? memang kalau kita renungkan ada-ada saja trik-trik yang dilakukan oleh dealer agar memancing kita belanja, tanpa kita sadar.

Terus bagaimana dong cara membeli mobil agar tidak kena tipu oleh rayuan-rayuan manis dealer? Menurut Barlett setidaknya ada empat poin kesalahan yang wajib dihindari pada saat Anda akan membeli mobil. 

4 Tips Cara Membeli Mobil Baru

Ini penting! jadi saya sarankan Anda membacanya dengan pelan-pelan supaya lebih cermat. Memang cara membeli mobil ini tampak sangat sederhana namun cara-cara ini sering kali kita lupakan.

1) Membeli Aksesori Mobil yang Tidak Begitu Perlu
Kebanyakan dealer mobil pasti akan menawarkan aksesoris kepada calon pembelinya. Semisal pelindung bodi, spoiler, talang hujan, hingga jas pelindung.

Sangat sering aksesori-aksesori tersebut sebenarnya tidak begitu Anda perlukan bahkan sebenarnya sudah masuk di dalam paket pembelian, menyebalkan bukan? Sebelum Anda menyesal, maka pertimbangkan betul-betul pembelian aksesori mobil tersebut. 

Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait mobil yang akan Anda beli, apa-apa saja sebenarnya yang Anda dapatkan dari pembelian mobil tersebut. Jangan langsung percaya begitu saja dengan dealer.

2) Anda Malas Melakukan Uji Jalan
Kebanyakan orang malas melakukan ini, mereka sudah cukup terkesima dengan bentuk mobilnya, sehingga melupakan hal penting ini. Bartlett menekankan bahwa uji jalan atau test drive adalah syarat utama yang harus Anda lakukan sebelum membeli mobil. Paling tidak Anda sebagai calon pembeli harus mencobanya sedikitnya 30 menit.

Dengan menggunakan cara ini, biasanya akan terlihat apa saja yang menjadi kelemahan dan kelebihan mobil yang akan Anda beli. Setelah itu Anda berhak untuk memutuskan semua hal yang terbaik agar tidak menyesal di hari kemudian.

Artikel terkait: Ini Dia Cara Memaksimalkan Test Driver Mobil Yang Baik | Wajib Anda Baca!!

3) Anda Kurang Perbandingan
Sebelumnya saya mau tanya dulu, kira-kira berapa jenis mobil yang Anda bandingkan sebelum Anda memutuskan membeli? kalau jawabannya di bawah 5 maka Anda akan menyesal. Menurut Steve Witten, Direktur Eksekutif J,D Power, Anda idealnya mencoba paling tidak 10 mobil terlebih dahulu sebelum memutuskan.

Jangan hanya terpaku oleh merek, namun Anda juga harus memperhatikan fitur dan tipenya, apakah dapat memenuhi kebutuhan Anda. Cermati juga biaya pemeliharan serta biaya pajak untuk setiap jenis mobil yang akan Anda beli. Pastikan biaya tersebut sesuai dengan kantong Anda.

Artikel terkait: 8 Cara Mudah Merawat Mobil

4) Terpukau Dengan Harga di Brosur
Tips cara membeli mobil yang terahkir ini sangat penting Anda perhatikan! Jangan sampai Anda menjadikan harga yang tercantum di dalam brosur sebagai patokan dalam bernegoisasi. Asal Anda tahu, harga mobil di dealer bukan merupakan harga dasar karena telah ditambah harga dari bermacam-macam komponen yang tidak jelas. 

Untuk mengetahui harga yang sesungguhnya, Anda bisa membuka situs resmi dari pabrikan mobil tersebut. Harga yang tercantum di dalamnya biasanya adalah harga off the road atau harga yang tidak termasuk biaya pengurusan surat-surat. Harga ini lah yang bisa Anda jadikan patokan dalam melakukan negoisasi harga. 

Ingat!! Anda tidak sedang membeli coklat, Saat ini Anda sedang akan membeli mobil. Jadi pertimbangkan semua dengan masak-masak.

Nah demikian lah 4 cara membeli mobil baru yang bisa saya berikan. Harapanya Anda bisa mengambil keputusan yang tepat sebelum Anda membeli mobil.  

Baiklah teman-teman, terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Semoga artikel cara membeli mobil baru ini bermanfaat untuk Anda semua. Sampai ketemu di artikel-artikel lainya. 

Salam, KlinikOtomotif.com

sumber gambar cara membeli mobil : modifikasi[.]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here