Home Bisnis Otomotif Bisnis Yang Menjanjikan : Bisnis Oli Motor & Sparepartnya

Bisnis Yang Menjanjikan : Bisnis Oli Motor & Sparepartnya

4111
0
SHARE
Bisnis Yang Menjanjikan : Bisnis Oli Motor & Sparepartnya
Bisnis Yang Menjanjikan : Berjualan Oli Motor

Ide bisnis yang menjanjikan – Anda sudah pasti setuju kalau kemacetan terjadi tidak hanya di Jakarta tapi sudah merambah kota-kota besar lanya di Indonesia. Jumlah penduduk yang terus bertambah yang dibarengi dengan mobilitas yang sangat tinggi menjadikan kebutuhan akan kendaraan semakin banyak. Semua tumpah dijalan-jalan dan ahkirnya macet.

Bisnis Yang Menjanjikan : Bisnis Oli Motor & Sparepartnya
Bisnis Yang Menjanjikan : Berjualan Oli Motor

Katakan saja Kota-kota besar seperti Jogja, Semarang, Surabaya dan Bandung, sekarang ini sudah penuh sesak gak karu-karuan. Apalagi Infrastruktur jalan dikota-kota tersebut tidak berkembang seimbang dengan peningkatan pengguna kendaraan bermotor.

Nah, kalau sudah begini, sepeda motor menjadi alternatif pilihan yang lebih baik untuk menghindari kemacetan yang menyebalkan dari pada mobil. Bagi Anda yang jeli, fakta dan fenomena ini bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. 

Sesuai dengan judulnya “” Bisnis Yang Menjanjikan : Bisnis Oli Motor & Sparepartnya “” pada edisi artikel kali ini, saya akan membahas peluang bisnis oli motor dan sparepartnya. Ok langsung saja ya… saya mengambil contoh kasus usaha dari kerabat saya Taufik Agung Pratama. Dia memahami betul sepeda motor yang sebegitu banyaknya memerlukan perawatan rutin. Dia juga paham para pengguna sepeda motor sebagaian besar mempercayakan perawatan motornya di bengkel sepeda motor.

Baca juga : Menilik ide bisnis yang menjanjikan lainya, usaha bengkel motor

Berangkat dari hal tersebut, Taufik mencoba untuk menyediakan oli mesin dan sparepat sepeda motor untuk bengkel-bengkel motor yang ada dikota Jogja. Ternyata usahnya tersebut membuahkan hasil yang cukup baik, Ahkirnya pria lulusan Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta ini terus konsisten dengan bisnis ini.

Tebak berapa kapasitas penjualan Taufik dalam sebulan ??? menurut pengakuan Taufik, ia bisa menghabiskan oli motor sebanyak 30 dus perbulan, lampu motor sebanyak 100 – 150 lampu perbulan, busi motor sebanyak 75-120 busi perbulan dan acu motor sebanyak 15-20 acu perbulan. 

Gimana, mantab kan ide bisnis yang menguntungkan ini ??? Lalu dari mana dia mampu menghabiskan suku cadang dan oli mesin sebanyak itu ??? nah ini yang menarik kita bahas. Taufik ternyata menjalin kerjasama bisnis dengan banyak sales freelance untuk membantunya memasarkan produknya. Semua produk dia jual dengan sistem pembayaran yang bisa ditunda mau pun cash.

Dalam menentukan pasarnya Taufik memiliki kreteria khusus yang menjadi patokannya dalam memilih bengkel yang akan dia pasok. 

  1. Jarak antara bengkel yang dipasok minimal 2 km
    Cara ini diambil oleh Taufik untuk mengantisipasi protes dari konsumennya karena standar harga yang berbeda-beda setiap bengkelnya. Dengan jarak yang jauh akan meminimalisasi kemungkinan antar bengkel saling bertukar informasi mengenai standar harga yang ditetapkan Taufik. Mengapa hal ini dilakukan ?? Setiap bengkel memiliki kondisi yang berbeda sehingga penetapan harganya pun menjadi berbeda-beda. Susahnya terkadang kondisi ini tidak bisa diterima oleh beberapa bengkel. 
  2. Usaha bengkel tidak begitu besar, agar tidak bersaing secara langsung dengan distributor besar.
    Bengkel-bengkel besar biasanya sudah memiliki suplier tetap. salian itu, distributor besar biasanya memberikan kemudahan khusus mengenai harga. Karena kekuatan modal yang sangat tidak seimbang, Taufik menyiasati dengan memilih bengkel-bengkel motor yang akan dia pasok.
  3. Bengkel yang memiliki adminitrasi keuangan yang baik.
    Ini persyaratan mutlak dan terpenting. Berkerjasama dengan bengkel yang keaungannya baik akan meminimalisasi pembayaran macet. Selain itu bisa juga dilihat dari ketersediaan produk yang dijual oleh bengkel tersebut. Semakin banyak produk yang dijual, menandakan bengkel tersebut dipercara oleh konsumen.

Gimana, cukup jitu bukan trik bisnisnya ??? Di awal Taufik menerapkan pembayaran dengan sistem cash selama 4-5 bulan. Apa bila pembayarannya lancar, barulah Taufik berani memberikan sistem pembayaran tempo. Apa bila semua sudah berjalan lancar, langkah berikutnya tinggal menjaga pasar secara baik dan mulai mengembangkan pasar yang baru.

“” Bisnis yang menjanjikan satu ini Luar biasa, Wajib Anda baca : Untuk membuka usaha cuci motor Anda hanya perlu modal 8 juta dan untung 5 juta/bulan “”

Bagai mana Anda tertarik ??? semoga artikel ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi Anda. Selamat mencoba. 

sumber artikel bisnis yang menjanjikan : dokterbisnis.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here